Tujuan komunikasi bisnis
Secara umum, ada tiga tujuan komunikasi bisnis yaitu; memberi informasi
(Informing) persuasi (persuading) dan melakukan kolaborasi, (collaborating) dengan
audiens (pelanggan).
a. Memberi informasi
Tujuan pertama dalam komunikasi bisnis adalah memberikan informasi
yang berkaitan dengan dunia bisnis kepada pihak lain, contoh seorang
pemimpin perusahaan ingin mendapatkan pegawai yang diharapkan, maka Dia
memasang iklan melalui mass media, memasang websitus/situs di jalur internet,
dalam hal ini setiap media mempunyai kelebihan dan kekurangan dilihat dari
jangkauan dan biayanya, untuk itu harus memilih media mana yang akan dipilih.
Dan itu tergantung pada kebijakan perusahaan dengan melihat kemampuan
internal perusahaan tersebut. Contoh yang lain misalnya sebuah Departemen
Store memasang tulisan discotn besar-besaran pada produknya.
b. Memberi persuasi
Tujuan kedua komunikasi bisnis adalah memberikan persuasi kepada
pihak lain agar apa yang disampaikan dapat dipahami dengan baik dan
benar, hal ini sering dilakukan terutama yang berkaitan dengan penegasan
konfi rmasi pesanan pelanggan atau negoisasi dengan pelanggan, agar kedua
pihak memperoleh manfaat secara bersama-sama tanpa ada yang merasa
dirugikan.
c. Melakukan Kolaborasi
Tujuan ketiga dalam komunikasi bisnis adalah melakukan kolaborasi, atau
kerja sama bisnis antara seseorang dengan orang lain, melalui jalinan komunikasi
bisnis tersebut seseorang dapat dengan mudah melakukan kerja sama bisnis,
saat sekarang seiring dengan pesatnya kemajuan teknologi komunikasi maka
seseorang dapat menggunakan berbagai media telekomunikasi seperti telpon,
faksimile, telpon seluler, internet
komunikasi tersebut sangat penting artinya dalam pererat kerja sama bisnis.
0 komentar:
Posting Komentar