A. Pelayanan Pelanggan Berdasarkan Penampilan Serasi
Pengertian penampilan adalah suatu bentuk citra diri yang terpancar pada diri seseorang dan merupakan sarana komunikasi diri kita dengan orang lain. Berpenampilan menarik adalah salah bagian dari kunci sukses dalam bekerja, terutama pekerjaan yang berhubungan dengan orang lain. Penampilan diri yang baik adalah perpaduan dari keserasian penampilan luar (fisik) dan penampilan yang timbul dari dalam diri kita (rohani).
Penampilan luar dengan barang-barang yang mewah yang menempel pada tubuh kita tidak akan berarti apa-apa jika kondisi tubuh kita sehat (tampak lusuh dan loyo).
Ada beberapa yang harus diperhatikan agar dapat tampil serasi, yaitu:
1. Berhias Serasi
Berhias yang baik dan sempurna tidak hanya mengutamakan penampilan luar, tetapi harus memperhatikan kondisi tubuh kita. Agar dapat tampil serasi di hadapan pelanggan, kita harus dapat memenuhi beberapa persyaratan, yaitu:
a. Faktor Kesehatan Tubuh
1) Mengkonsumsi makanan yang memenuhi standar gizi
2) Berolah raga yang teratur
b. Perawatan Anggota Tubuh
1) Perawatan kulit
2) Perawatan wajah
3) Perawatan tangan dan kaki
4) Perawatan rambut
5) Menghilangkan bau badan dan nafas tidak sedap
2. Busana Kerja dan Aksesoris
a. Busana Kerja untuk Wanita
1) Bersih dan rapi
2) Pakailah busana kerja yang sifatnya basic dengan warna putih, hitam, coklat, sesekali boleh memakai warna agak cerah dan bahan bercorak kecil
3) Pakailah blus lengan panjang atau lengan pendek, rok pendek sebatas lutut, rok panjang bawah betis, celana panjang.
b. Busana Kerja untuk Pria
1) Bersih dan rapi
2) Pakailah kemeja dan celana panjang dengan warna yang serasi
c. Aksesoris
Pakailah aksesoris seminimum mungkin, tidak berlebihan, sesuaikan dengan busana yang dipakai.
Macam-macam aksesoris yang dipakai wanita adalah:
1) Anting-anting yang tidak terlampau besar
2) Ikat pinggang dan gasper yang sederhana dengan warna senada dengan warna sepatu
3) Jam tangan
4) Bando
5) Selendang, scraf
6) Cincing, giwang, kalung, gelang, dan bros
Cara berbusana biasanya memancarkan kepribadian orang yang memakainya. Dari cara berbusana seseorang dapat dinilai kepribadiannya, tingkat pendidikannya, lingkungan pergaulannya, dan seleranya.
Berbusana serasi harus meliputi pula latihan yang tepat berhubungan dengan kepribadian dan pembawaan si pemakai, mampu menyesuaikan dengan kebutuhan, adat istiadat, lingkungan/suasana, dan saat/waktu memakainya.
Hal-hal tersebut di atas harus kita perhatikan dengan tujuan agar tidak merugikan penampilan kita.
3. Ekspresi Wajah
Bagi perusahaan yang bergerak di bidang jasa pelayanan, keramah-tamahan, sopan santun dan senyum yang selalu muncul dari para karyawan adalah aset yang sangat berharga.
Memenangkan strategi persaingan dalam usaha jasa pelayanan melalui kiat pelayanan prima tidaklah cukup hanya melakukan suatu proses administrasi saja, tetapi harus didukung pula oleh tindakan para personalia perusahaan terutama para petugas pelayana sebagai jajaran terdepan yang berhadapan langsung dengan pelanggan. Misalnya bagaimana cara merespon keinginan-keinginan pelanggan, agar pelanggan merasa terpuaskan.
Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan adalah mengenai ekspresi wajah para petugas pelayanan.
Beberapa hal mengenai ekspresi dalam memberikan pelayanan adalah:
a. Dalam menawarkan produk, lakukanlah dengan ekspresi yang sungguh-sungguh dan penuh perhatian.
b. Tetap diam dan bersabar serta mempersilahkan pelanggan berbicara sampai selesai, agar kita mendapatkan informasi yang banyak, jangan sekali-sekali memotong pembicaraan pelanggan.
c. Seandainya pembicaraan pelanggan melebar kemana-mana dan membosankan, jangan menunjukkan wajah kesal, temanilah dengan bijaksana, karena pelanggan adalah ”Raja” dan ingin dianggap selalu benar.
d. Senyum harus selalu terpancar dari wajah petugas dalam melayani pelanggan dengan berbagai macam tingkah lakuknya.
BONUS DOWNLOAD KONSEP PELAYANAN PRIMA
Senin, 01 Februari 2010
Pelayanan Pelanggan Berdasarkan Penampilan Serasi
20.26
terapi lambung
No comments
0 komentar:
Posting Komentar