Cara Menjual yang Efektif dan Efisien
Herbert N. Casson, pernah berkata: ”Janganlah penjualan barang-barangmu ditujukan hanya kepada orang yang membutuhkan saja. Juga janganlah hanya ditujukan kepada orang yang tak mungkin membeli, tetapi tujukanlah penjualan barang-barangmu itu kepada tiap-tiap orang yang mungkin membeli”.
Dari penjelasan di atas dapat ditarik kesimpulan, bahwa penjualan barangbarang harus ditujukan kepada setiap orang yang mungkin mau membeli.
Jadi janganlah ditujukan atau ditawarkan kepada orang-orang yang tidak mau membeli, hanyalah sia-sia saja.
Pada umumnya orang mau membeli barang-barang itu yang praktis, singkat, sesuai dengan kebutuhannya, serta mencapai kepuasan. Cara membeli ini adalah sangat efektif dan efi sien. Cara membeli yang efektif dan efisien adalah sebagai berikut.
1. melihat contoh barang
2. mendengar dari kawan-kawan atau iklan
3. tertarik terhadap barang sesuai dengan keinginan
4. mengambil keputusan untuk membeli sesuai dengan kebutuhannya
5. merasa puas dengan apa yang dibelinya
Di dalam cara membeli yang efektif dan efi sien itu, setiap pembeli sebaiknya berlangsung di dalam keadaan saling pengertian antara pembeli dan penjual, serta sikap saling memberi tanggapan. Cara membeli yang efektif dan efisien, seorang pembeli harus menyesuaikan diri dan selalu bersahabat dengan seorang penjual.
Agar lebih jelas cara membeli barang yang efektif dan efi sien itu adalah yang berdayaguna dan berhasil guna dan hasilnya adalah rasa kepuasan.
Adapun proses atau prinsip membeli yang efektif dan efi sien itu, di antaranya:
1. memilih barang yang disenangi dan dibutuhkan,
2. berbicara dan menanyakan kepada penjual tentang barang yang dibutuhkan,
3. menyesuaikan situasi dengan keuangan yang ada,
4. menghargai kepada penjual yang sedang menjelaskan akan manfaat barang,
5. menanggapi setiap reaksi, saran, usul dari penjual,
6. terjadi transaksi dengan rasa puas memiliki barang.
dan berhasilguna, sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumen. Cara membeli yang efektif dan efi sien yang baik adalah yang dapat merubah tingkah laku konsumen.
1. adanya kesadaran pembeli akan adanya manfaat barang
2. adanya minat untuk membeli barang yang diinginkan
3. adanya evaluasi pembeli terhadap barang yang akan dibelinya
4. adanya percobaan pembeli terhadap barang yang akan dibeli
5. adanya keputusan untuk membeli barang
6. adanya konfi rmasi tentang barang yang sudah dibeli
0 komentar:
Posting Komentar