Jumat, 15 Oktober 2010

Menindaklanjuti Respon dan Permintaan Konsumen

Menindaklanjuti Respon dan Permintaan Konsumen
Iklan dikatakan berhasil jika mampu meningkatkan omzet penjualan, menarik konsumen untuk membeli produk, menimbulkan kepercayaan pada merek produk, meningkatkan keuntungan, produksi perusahaan meningkat dan membuat perusahaan menjadi terkenal.
Hasil efektivitas iklan akan terlihat dengan adanya respon dari konsumen, untuk itu pihak perusahaan harus tanggap atas berbagai reaksi dari konsumen, karena akan berdampak pada kelangsungan produk atau kemajuan perusahaan. Untuk itu perusahaan haruslah segera meningkatkan mutu pelayanan dan penyediaan produk yang cukup sehingga tidak mengecewakan konsumen.
Respon konsumen terhadap barang yang ditawarkan melalui iklan dapat segera terlihat dengan meningkatnya permintaan barang. Untuk menindaklanjuti respon tersebut perusahaan dapat melakukan:
a. Memberi sampel (contoh barang yang di tawarkan sesuai yang dikumandangkan iklan).
b. Menjelaskan lebih rinci akan manfaat barang.
c. Mengadakan demonstrasi penjualan.
d. Melayani para konsumen yang ingin mengetahui kualitas dan garansi barang.
e. Memberi fasilitas kepada pelanggan tentang cara pembayaran (tunai/kredit).
Maraknya kegiatan belanja yang dilakukan oleh rumah tangga konsumsi melalui pesawat telepon mengharuskan para pelanggan/penjual memiliki kemampuan/ keterampilan khusus yang diperlukan agar penjual tersebut dapat menarik pelanggan sebanyak-banyaknya yang akhirnya akan dapat meningkatkan laba perusahaan sebanyak-banyaknya, berikut akan diuraikan satu per satu macam-macam keterampilan khusus tersebut;
1. Keterampilan berkomunikasi
Komunikasi melalui telepon termasuk komunikasi tidak langsung/lisan, karena antara penelpon dan yang menerima telepon tidak terjadi tatap muka/ pertemuan karena itu memerlukan kesabaran, kecakapan dan komitmen antara pengirim dan penerima, seorang penjual yang baik harus mampu mendengarkan dengan cermat dan penuh perhatian pada setiap perkataan pelanggan, serta mampu menerangkan dan mendiskripsikan kebutuhan calon pembeli.
2. Keterampilan menjual
Seorang penjual harus benar-benar merencanakan dengan matang, sehingga mampu menggiring atau mengarahkan calon pelanggan sesuai yang diinginkan.
3. Keterampilan mendengarkan
Keterampilan mendengarkan sangat penting dalam segala bentuk komunikasi lisan, karena itu harus memahami hal-hal yang menghambat hambatan upaya mendengarkan dengan baik yaitu:
a. ganguan eksternal
b. gangguan pribadi
4. Bersikap lugas
Bersikap lugas berarti berhubungan dengan orang-orang secara terbuka tanpa bersikap pasif maupun agresif, bersikap lugas memungkinkan kita untuk
a. menyatakan ketidaksetujuan tanpa menimbulkan konfl ik,
b. penuh percaya diri,
c. bekerja sama dengan orang lain tanpa menimbulkan masalah,
d menerima kritik,
e. secara efektif mampu berhubungan dengan orang lain meski dalam situasi yang tidak menyenangkan

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Top WordPress Themes