Jumat, 15 Oktober 2010

Macam-Macam Bentuk Media Iklan

Macam-Macam Bentuk Media Iklan

Media yang akan dipilih oleh perusahaan dalam pelaksanaan advertensi adalah media yang menguntungkan. Media yang dianggap menguntungkan itu bergantung pada situasi, kondisi, dan tujuan perusahaan itu sendiri. Maka dari itu perusahaan harus mengetahui sifat-sifat keuntungan dan kerugian dari macam-macam media yang akan dipergunakan.

Dewasa ini periklanan yang dilakukan oleh berbagai pihak dilaksanakan melalui media-media sebagai berikut.

1. Media cetak (surat kabar, tabloid, majalah).

2. Media elektronik (radio, televisi)

3. Media luar gedung (poster, billboard, sign, tulisan asap)

4. Media lainnya seperti:

1). Penggunaan media cetak lepas (brosur, katalog, kartu, kalender)

2). Hadiah kecil (jam, korek api, kipas kertas).

Media merupakan alat yang digunakan dalam kegiatan periklanan. Media bukanlah suatu alat penyampaian berita yang pasif, bahkan sering media itu dapat memengaruhi efektivitas beritanya. Adapun faktor-faktor yang perlu diperhatikan di dalam pemilihan media ini adalah:

1. Produk yang diiklankan.

2. Sistem distribusi produknya.

3. Editorial.

4. Kemampuan teknis media.

5. Strategi periklanan saingan.

6. Sasaran yang dapat dicapai.

7. Karakteristik media.

8. Biaya.

Dalam kenyataan kita jumpai bahwa perusahaan sering menggunakan beberapa media sekaligus dalam pengiklanannya. Misalnya, di samping menggunakan media televisi juga menggunakan media surat kabar. Hal ini dipandang perlu karena masing-masing jenis media memiliki karakteristik yang berbeda. Media televise dapat mengiklankan dengan suara dan gambar yang bergerak meskipun hanya dinikmati sebentar (beberapa detik), sedangkan media surat kabar dapat dinikmati lebih lama meskipun gambarnya tidak bergerak dan tanpa suara.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Top WordPress Themes