Jumat, 15 Oktober 2010

Macam-Macam Media Iklan

Macam-Macam Media Iklan
Salah satu usaha untuk meningkatkan penjualan dapat dilakukan dengan mengiklankan produk. Menurut C Northcote Porkinson MK Rustomiji, Walter E Viera ”iklan adalah promosi produksi atau pelayanan nonindividu yang dilakukan oleh sponsor (perusahaan atau perseorangan) tertentu yang bisa diidentifi kasi dan yang membayar biaya komunikasi”.
Dari pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa iklan merupakan suatu bentuk komunikasi nonpersonal untuk mempromosikan produk atau jasa tanpa mengadakan kontak langsung dan pemasang iklan harus membayar dengan tariff tertentu yang berlaku.
1. Jenis iklan dan tujuannya
a. Jenis iklan berdasarkan tujuannya dapat dibedakan sebagai berikut.
1) Iklan informasi
Tujuan iklan informasi adalah memberitahu pasar tentang produk baru atau menganjurkan penggunaan produk baru.
2) Iklan persuasi
Tujuan dari iklan persuasi pada dasarnya adalah menggugah minat publik, sehingga dapat tercipta permintaan selektif akan merek tertentu.
3) Iklan pengingat
Tujuan dari iklan pengingat adalah mengingatkan konsumen akan produk tertentu.
4) Iklan pemantap (reinforcement)
Tujuan dari iklan pemantap adalah untuk meyakinkan para pembeli/konsumen bahwa mereka telah mengambil/memilih produk yang tepat.
b. Berdasarkan sasarannya ternyata periklanan dapat dibedakan menjadi sebagai berikut.
1) Iklan langsung (Direct advertising)
Iklan langsung adalah iklan yang ditujukan langsung supaya dapat mengenai sasarannya, yaitu kepada khalayak yang mungkin membeli.
2) Iklan tidak langsung (Indirect Advertising)
Adalah iklan umum yang ditujukan secara tidak langsung sambil membantu penjualan.
3) Iklan harga (price Advertising)
Iklan barang atau jasa yang menonjolkan harga yang menarik.
4) Iklan Merek (Brand Advertising)
Iklan merek adalah iklan yang menonjolkan nama/merek/brand barang yang dijual.
5) Iklan kualitas (Quality Advertising)
Iklan kualitas adalah iklan yang menonjolkan kualitas atau mutu produk/barang yang ditawarkan.
6) Iklan Produk/Barang (Product Advertising)
Iklan produk/barang adalah iklan yang memengaruhi konsumen dengan menonjolkan faedah-faedah dari pemakaian suatu barang/produk.
7) Iklan Institutional (institutional Advertising)
Iklan institutional adalah iklan yang mengutamakan nama perusahaan untuk memberikan jaminan atau kesan tertentu kepada para konsumen, agar mereka bersikap menguntungkan perusahaan dan produknya.
8) Iklan Prestise (Prestige Advertising)
Iklan prestise adalah iklan yang berusaha memberikan imaji (image) kepada konsumen bahwa produk yang ditawarkannya berkaitan dengan kedudukan, kekayaan dan segala sesuatu yang berasosiasi kepada suatu prestise atau gengsi.
9) Iklan Persaingan (Competitive Advertising)
Iklan persaingan adalah iklan yang ditujukan untuk persaingan, yaitu untuk merebut pasaran sehingga perusahaan mempunyai omzet
penjualan yang besar.
10) Iklan Kolektif (Collective Advertising)
Pembuatan iklan kolektif/bersama ini adalah untuk memperkecil
biaya reklame karena biaya dapat ditanggung bersama.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Top WordPress Themes