Jumat, 15 Oktober 2010

Jenis iklan dan tujuannya

Jenis iklan dan tujuannya
a. Jenis iklan berdasarkan tujuannya dapat dibedakan sebagai berikut.
1) Iklan informasi
Tujuan iklan informasi adalah memberitahu pasar tentang produk baru atau menganjurkan penggunaan produk baru.
2) Iklan persuasi
Tujuan dari iklan persuasi pada dasarnya adalah menggugah minat publik, sehingga dapat tercipta permintaan selektif akan merek tertentu.
3) Iklan pengingat
Tujuan dari iklan pengingat adalah mengingatkan konsumen akan produk tertentu.
4) Iklan pemantap (reinforcement)
Tujuan dari iklan pemantap adalah untuk meyakinkan para pembeli/konsumen bahwa mereka telah mengambil/memilih produk yang tepat.
b. Berdasarkan sasarannya ternyata periklanan dapat dibedakan menjadi sebagai berikut.
1) Iklan langsung (Direct advertising)
Iklan langsung adalah iklan yang ditujukan langsung supaya dapat mengenai sasarannya, yaitu kepada khalayak yang mungkin membeli.
2) Iklan tidak langsung (Indirect Advertising)
Adalah iklan umum yang ditujukan secara tidak langsung sambil membantu penjualan.
3) Iklan harga (price Advertising)
Iklan barang atau jasa yang menonjolkan harga yang menarik. 4) Iklan Merek (Brand Advertising)
Iklan merek adalah iklan yang menonjolkan nama/merek/brand barang yang dijual.
5) Iklan kualitas (Quality Advertising)
Iklan kualitas adalah iklan yang menonjolkan kualitas atau mutu produk/barang yang ditawarkan.
6) Iklan Produk/Barang (Product Advertising) Iklan produk/barang adalah iklan yang memengaruhi konsumen dengan menonjolkan faedah-faedah dari pemakaian suatu barang/ produk.

1 komentar:

Matts mengatakan...

Kalo jenis iklan yang kita pasanga lewat dunia online itu termasuk jenis Iklan yang seperti apa ya.....

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Top WordPress Themes