Minggu, 25 Oktober 2009

Arti kepribadian

Arti kepribadian

Secara umum kepribadian adalah semua corak kebiasaan manusia yang terhimpun dalam dirinya dan digunakan untuk bereaksi serta menyesuaikan diri terhadap segala rangsangan, baik yang datang dari luar maupun dari dalam. Corak kebiasaan itu merupakan kesatuan fungsional yang khas pada diri seseorang. Perkembangan kepribadian itu bersifat khas, unik dan dinamis. Artinya, selama individu masih tetap hidup, belajar dan bertambah pengetahuan, pengalaman serta keterampilannya maka ia akan semakin matang dan mantap kepribadiannya.

Allport (seorang ahli Psikologi) menyebutkan, kepribadian adalah organisasi yang dinamis dari system psikofisik yang unik (khas) pada diri individu yang turut menentukan cara-cara penyesuaian diri dengan lingkungannya.

Sigmund Freud (sarjana Psikologi Jerman), menyebutkan bahwa kepribadian (jiwa) dibentuk oleh tiga kekuatan, yaitu id (each), super ego (uber ich), dan ego (ich).

Id (nafsu/keinginan) berisi dorongan-dorongan primitif yang belum dipengaruhi oleh kebudayaan atau hasil belajar, seperti dorongan seks, amarah, agresi dan yang bersifat traumatic. Id ini berada di alam ketidak sadaran, sehinggan kemunculannya sukar untuk dikendalikan.

Superego (akal sehat) berisikan dorongan-dorongan untuk berbuat baik sebagai hasil belajar terhadap kebudayaan. Superego ini sebagai filter yang menyaring dan mengawasi dorongan-dorongan yang berasal dari id.

Adapun ego (perilaku tindakan) adalah system energi yang langsung berhubungan dengan dunia luar. Apabial ego lemah sehingga dikuasai oleh id maka individu itu akan mengalami psikopati, artinya terlalu dikuasai oleh dorongan promitif sehingga sering melanggar norma/aturan. Sebaliknya jika ego dapat dikuasai oleh superego maka individu itu akan mengalami neurusis, artinya tidak dapat menyalurkan dorongan primitifnya sehinggan hidupnya tertekan.

Dari uarian diatas dapat disimpulkan, bahwa kepribadian seseorang akan menjadi baik dan mantap apabila terdapat sinergi/kerja sama yang baik antara id (nafsu/keinginan), ego (perilaku/tindakan), dan superego (akal sehat).

Jika materi/bahan ini berguna bagi anda silahkan copy, dan tolong anda klik iklan yang ada sebagai Donasi/sumbangan anda.

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Top WordPress Themes