Minggu, 25 Oktober 2009

Cara memahami bakat dan kemampuan

Cara memahami bakat dan kemampuan

Bakat adalah suatu kondisi atau energi jiwa pada seseorang yang jika dilatih secara khusus akan memungkinkan tercapainya suatu kecakapan tertentu. Misalnya, bakat bermain musik, bernyanyi, berbahasa, berdagang atau berwiraswasta. Seseorang yang berbakat musik, misalnya, jika dilatih secara baik dan kontinyu akan lebih cepat menguasai keterampilan bermain musik dari pada orang yang tidak berbakat musik. Orang yang mempunyai bakat berdagang biasanya akan pandai dalam berjual beli.

Bakat setiap orang berbeda-beda, dan dengan adanya perbedaan bakat inilah yang memunculkan berbagai jenis lapangan pekerjaan, keahlian, dan profesi dalam kehidupan masyarakat. Bakat berbeda dengan kemampuan. Bakat adalah kecakapan yang diperoleh sebagai hasil pembawaan atau keturunan. Sedangkan kemampuan adalah kecakapan yang diperoleh sebagai hasil belajar atau pengalaman, bukan merupakan pembawaan dan bukan pula keturunan.

Bakat berbeda pula dengan potensi diri. Potensi diri adalah semua kekuatan yang ada pada diri seseorang yang memungkinkan berkembangnya kecakapan-kecakapan tertentu. Daya atau kekuatan ini dibawa sejak lahir, dan makin berkembang setelah dilatih. Jadi, potensi ini lebih luas pengertiannya daripada bakat dan kemampuan. Potensi diri ini merupakan kecakapan yang dimiliki seseorang sebagai pembawaan dan hasil belajar terhadap lingkungannya.

Memahami bakat, kemampuan, atau potensi ini amat penting bagi seseorang khususnya bagi seorang pelajar sebagai salah satu upaya untuk lebih mengenal dan memahami dirinya. Dan dengan memahami bakat, kemampuan, atau potensi diri ini akan lebih menjamin keberhasilan seseorang dalam mengarungi samodera kehidupan dan meraih cita-citanya.

Salah satu cara untuk mengetahui bakat dan kemampuan diri, adalah dengan menjawab beberapa pertanyaan berikut ini.

• Apa hobi saya?
• Keterampilan apa yang paling saya sukai?
• Bagaimana prestasi akademis saya?
• Nilai apa yang paling tinggi?
• Kegiatan apa yang saya minati?
• Prestasi apa yang pernah saya capai?
• Jenis pekerjaan apa yang saya sukai?
• Apa saja sifat-sifat buruk yang saya miliki?
• Program pendidikan apa yang diminati?
• Apa kelebihan dan kekurangan saya?
Dan lain-lain.

Jika materi/bahan ini berguna bagi anda silahkan copy, dan tolong anda klik iklan yang ada sebagai Donasi/sumbangan anda.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Top WordPress Themes