Minggu, 25 Oktober 2009

Tata Krama Dalam Jamuan Bisnis (Table Manner)

Tata Krama Dalam Jamuan Bisnis (Table Manner)

Pelanggan yang membeli produk kita tidak hanya orang-orang Indonesia saja, tetapi juga orang-orang bangsa asing. Untuk dapat melayani kebutuhan pelanggan asing itu tentu saja kita harus melaksanakan tata krama pergaulan internasional. Oleh karena itu kita harus mengetahui tata krama jamuan bisnis secara internasional.

Secara umum tata krama jamuan bisnis adalah sebagai berikut.

a. Konfirmasikan janji pertemuan, termasuk waktu dan tempat, sehari sebelumnya.

b. Usahakan datang 10 menit sebelum jamuan dimulai. Maksudnya agar mempunyai waktu untuk mempelajari suasana. Agar meyakinkan kita perlu merapikan penampilan. Penampilan yang menarik akan menimbulkan kesan yang baik di mata rekan bisnis.

c. Saat jamuan makan tiba kita mengambil tempat untuk duduk. Setelah berbasa basi sejenak, letakkan serbet di pangkuan. Apabila akan meninggalkan meja makan pada saat acara makan berlangsung, letakkan serbet pada kursi, bukan diatas meja.

d. Matikan alat-alat komunikasi, seperti hand pone atau ponsel. Maksudnya agar tidak mengganggu konsentrasi dalam jamuan bisnis.

e. Jangan meletakkan benda-benda pribadi diatas meja, seperti kunci mobil, kaca mata, dompet, atau tas. Sebab selain akan memenuhi meja juga merusak pemandangan.

f. Dahulukanlah penggunaan alat-alat makan, seperti sendok, pisau, dan garpu yang dimulai dari deretan yang paling luar disisi kiri dan kanan. Perlu diingat bahwa minuman biasanya diletakkan disisi kanan, sedangkan salad atau roti di sisi kiri Anda.

g. Kita perlu menjaga irama atau kecepatan makan. Jangan makan terlalu cepat atau terlalu bernafsu. Sebab hal itu akan menimbulkan kesan bahwa Anda kelaparan atau rakus. Sebaliknya jangan pula terlalu pelan, sehingga menimbulkan kesan lamban atau kurang bernafsu. Selesai makan, lipatlah serbet dan diletakkan di atas meja, di sisi kiri Anda.

h. Jangan bersendawa terlalu keras hingga terdengar. Hindari juga menguap tanpa menutup mulut. Sebab hal ini akan mengesankan bahwa Anda tidak tahu etiket.

i. Apabila ruangan makan ber-AC, kita harus menahan keinginan untuk merokok. Anda dapat merokok jika berada di ruangan yang tidak ber-AC. Janganlah membuang abu atau puntung rokok ke dalam gelas atau piring. Buanglah ke dalam asbak yang disediakan di meja.

j. Apabila Anda seorang wanita, jangan meninggalkan noda lipstik pada gelas. Janganlah mengoreksi rias wajah di hadapan rekan bisnis. Seandainya ingin bersolek lakukanlah di toilet.

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Top WordPress Themes