Minggu, 25 Oktober 2009

Mendengarkan dan memahami kebutuhan pelanggan

Mendengarkan dan memahami kebutuhan pelanggan

Pelayanan prima berdasarkan konsep perhatian dapat diterapkan dengan cara mendengarkan dan memahami kebutuhan pelanggan. Cara-cara yang efektif dalam mendengarkan dan memahami kebutuhan pelanggan dapat dilakukan seperti berikut ini.

1. Melakukan pendekatan kepada pelanggan dengan sikap yang empati

2. Menghindari sikap mencari-cari alasan

3. Tidak memberikan interpretasi atau penafsiran yang keliru tentang pelanggan

4. Berusaha dengan penuh perhatian untuk mendengarkan permintaan dan kebutuhan pelanggan

5. Mencatat semua kebutuhan pelanggan agar tidak lupa

6. Menanyakan kembali kebutuhan pelanggan jika lupa atau kurang jelas

7. Memberikan penjelasan dengan sejujur-jujurnya tentang kondisi kualitas dan harga barang yang akan dibeli oleh pelanggan

Jika materi/bahan ini berguna bagi anda silahkan copy, dan tolong anda klik iklan yang ada sebagai Donasi/sumbangan anda.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Top WordPress Themes