Minggu, 25 Oktober 2009

Tata Krama Yang Baik Secara Umum

Tata Krama Yang Baik Secara Umum

Tata krama adalah kebiasaan sopan santun yang disepakati dalam lingkungan pergaulan masyarakat setempat. Istilah tata krama terdiri dari kata tata dan krama. Tata artinya adat, aturan, norma, atau peraturan. Krama artinya sopan-santun, kelakuan, tindakan, atau perbuatan. Jadi, secara etimologis tata krama berarti adat sopan-santun atau kebiasaan sopan-santun.

Tata krama atau adat sopan-santun sering pula disebut etiket telah menjadi bagian dari norma kehidupan manusia. Tata krama telah menjadi persyaratan dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat.
Hubungan komunikasi antar manusia melahirkanpergaulan. Dalam bergaul faktor perhatian sangat menentukan. Pergaulan biasanya diawali oleh suatu perkenalan. Dalam pergaulan orang perlu mengenal tata cara dalam pembicaraan secara tatap muka, dan pembicaraan dengan sarana komunikasi, misalnya telepon, atau surat.

Pada umumnya ruang lingkup tata krama meliputi hal-hal berikut ini.

a) Tata krama berkenalan

b) Tata krama bertamu

c) Tata krama berbicara

d) Tatakrama makan

e) Tata krama dalam menggunakan sarana umum, dan lain-lain.

Dalam hubungannya dengan tata krama, yang perlu kita sadari adalah bahwa dalam kehidupan sehari-hari ada tata krama yang harus diikuti dan dilaksanakan. Dengan menerapkan tata krama dalam kehidupan sehari-hari, maka hidup kita akan tenteram, damai dan aman.

Jika materi/bahan ini berguna bagi anda silahkan copy, dan tolong anda klik iklan yang ada sebagai Donasi/sumbangan anda.

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Top WordPress Themes