Kamis, 01 Oktober 2009

Dasar-dasar untuk menjadi Wirausahawan

Dasar-dasar untuk menjadi Wirausahawan
Untuk menjadi wirausahawan, seseorang harus memiliki kecakapan-kecakapan dasar sebagai berikut :
a. membaca peluang
Peluang merupakan awal dari segala usaha. Seorang yang akan terjun ke dunia usaha harus bias membaca peluang usaha yang potensial yang kalau dikerjakan/diwujudkan bakal mendatangkan keuntungan.
b. Bekerjasama dengan berbagai pihak
Bidang usaha apapun tidak akan leps dari bidang usaha dan orang lain disekitarnya. Apalagi kalau usaha berskala besar, tentu banyak membutuhkan orang lain atau suplayer dari pihak lain. Oleh karena itu seorang calon pengusahaperlu memiliki kemampuan bekerj sama dengan pihak lain.
c. Bekerja keras dan tuntas serta produktif.
Untuk menggerakkan usaha baru perlu energi yang sangat besar. Oleh karena itu pemilik/pendirinya harus bekerja keras. Selain itu, ia harus tidak setengah-tengah, tidak “hangat-hangat tahi ayam”, melainkan harus bekerja sehingga tuntas dan menghasilkan. Setelah menghasilkan, terus ditingkatkan hingga menjadi usaha yang produktif.
d. Bekerja mandiri
Seorang calon pengusaha harus sanggup bekerja mandiri, tidak menggantungkan kepada orang lain.
e. Memecahkan masalah
Dalam dunia usaha sudah pasti banyak sekali masalah baru bermunculan dan semua harus diatasi. Seorang pengusaha tidak boleh lari darimasalh.
f. Mengambil keputusan dan menerima resiko
Dalam dunia usaha tidak ada langkah yang tyidak berisiko. Begitu keputusan diambil, apapun yang terjadi harus dihadapi.
g. Mencipta/menemukan hal baru (kreatif dan inovatif)
Dunia usaha terus begerak. Semua produk ada silusnya, patah tumbuh ilang berganti. Tidak ada produk yang akan hidup selamanya. Maka, seorang pengusaha harus terus kreatif dan inovatif untuk mencipta/menemukan unsur-unsur baru yang sesuai dengan tuntutan zaman
h. beketrja efektif dan efisiensi (tept guba dan hemat)
Usaha apapun harus dijalankan secara efektif dan efisiensi. Duua hal ini merupakan kunci bagi perusahaan untuk bisa meraih untung.

Jika materi/bahan ini berguna bagi anda silahkan copy, dan tolong anda klik iklan yang ada sebagai Donasi/sumbangan anda.

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Top WordPress Themes