Kamis, 15 Oktober 2009

Sikap dan perilaku kerja prestatif

Sikap dan perilaku kerja prestatif.

Untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang prestatif yang diharapkan mampu bersaing serta mampu bertahan dalam segala kondisi , maka diperlukan sumber daya manusia yang dilengkapi /dibekali dengan :

  1. Penguasaan diri dalam bentuk penuh inisiatif dan dapat dipercaya, prestatif, dapat menemukan dan memecahkan masalah dan mengambil keputusan yang tepat.
  2. Terampil dalam memanfaatkan kesempatan, dapat menyesuaikan diri dalam menghadapi perubahan keadaan yang cepat berubah-ubah
  3. Dapat menghargai perbedaan , kerja tim yang kompak , memiliki tenggang rasa, peka dalam berkomunikasi secara efektif.

Menurut Larry farel, untuk maju (prestatif) seorang pengusaha harus memiliki motivasi yang tinggi, inovatif, dan memiliki ambisi untuk maju /berkembang. Ini saja tentu tidak cukup. Syarat lain untuk maju (prestatif) antara lain :

- M.emiliki komitmen dan tanggung jawab yang tinggi terhadap karier/pekerjaan

- Memiliki ambisi yang kuat untuk mencapai hasil/prestasi yang lebih baik,

- Bersemangat terhadap masukan dari berbagai pihak

- Memiliki motivasi yang kuat untuk menjadi superior

- Memiliki orientasi ke masa depan

Ciri khusus perilaku kerja prestatif ialah selalu ingin maju disegala bidang . dengan demikian orang yang berperilaku kerja prestatif akan memancarkan sifat yang terpuji,mencintai pekerjaaannya, selalu ingin maju, mau belajar banyak serta mempunyai kenyakinan yang kuat akan keberhasilan usahanya.

Jika orang cinta terhadap pekerjaan , ia akan terdorong untuk senang bekerja.Orang yang senang bekerja tak akan memuang-buang waktu.orang yang tidak membuang-buang waktu akan lebih sukses dalam usaha. Orang yang sukses dalam usaha pada umumnya akan terus melakukan investasi baru untuk mendiversifikasi usahanya.

Menurut Stephen Covey dalam bukunya Fisrt Thing’s, ada empat sisi potensial yang dimiliki manusia untuk maju, yaitu :

  1. self awareness atau sikap mawas diri
  2. conscience atau mempertajam suara hati
  3. independent will atau pandangan independent untuk bakal bertindak
  4. creative imagination atau berfikir mengarah ke depan untuk memecahkan masalah dengan imajinasi serta adaptasi yang tepat.

    Jika materi/bahan ini berguna bagi anda silahkan copy, dan tolong anda klik iklan yang ada sebagai Donasi/sumbangan anda.

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Top WordPress Themes