Sabtu, 11 Desember 2010

FAKTOR-FAKTOR KUNCI DALAM PELUNCURAN PRODUK BARU YANG BERHASIL

FAKTOR-FAKTOR KUNCI DALAM PELUNCURAN

PRODUK BARU YANG BERHASIL

Karena demikian banyak produk-produk yang gagal, perusahaan-perusahaan sangat antusias untuk mempelajari bagaimana meningkatkan kemungkinan berhasilnya produk baru merek. Salah satu pendekatan adalah dengan mengidentifikasi produk-produk baru yang berhasil dan menentukan kesamaannya. Cooper dan Kleinschimidt telah mengikhtisarkan banyak penelitianmengenai keberhasilan produk baru, serta melakukan penelitian atas 200 peluncuran produk baru dengan tekhnologi menengah sampai tekhnologi tinggi untuk faktor-faktor yang sama-sama dimiliki produk yang berhasil dan tidak dimiliki produk yang gagal. Mereka menemukan bahwa faktor keberhasilan utama adalah produk superior yang unik (misalnya mutu yang lebih tinggi, kemampuan baru, nilai guna yang lebih tinggi, dan lain-lain). Khususnya, produk yang memeiliki keunggulan yang tinggi kemungkinan berhasilnya 98% dibandingkan produk dengan keunggulan menengah (58%) atau keunggulan minimal (18%). Faktor kunci keberhasilan lainnya adalah konsep produk yang didefinisikan dengan baik sebelum pengembangan, dimana perusahaan secara cermat menentukan menilai pasar sasaran, persyaratan produk, dan manfaatnya sebelum meneruskan usaha. Faktor lainnya adalah sinergi tekhnologi dan pemasaran, mutu pelaksanaan dalam semua tahap, dan daya tarik pasar.

Mandique dan Ziger, dalam studi terpisah mengenai peluncuran produk yang berhasil dalam industri elektronika (di mana keberhsilan produk didefinisikan sebagai berhasil memenuhi atau melebihi titik impas finansial), menemukan delapan faktor yang bertanggung jawab atas keberhasilan produk baru. Secara rincinya, mereka mendapatkan bahwa keberhasilan produk baru.

Secara rincinya, mereka mendapatkan bahwa keberhasilan produk semakin besar:

Dengan semakin tingginya pemahaman atas kebutuhan konsumen, semakin tingginya resiko kinerja terhadap biaya, semakin awal produk tersebut diluncurkan dibanding para pesaingnya, semakin besar marjin kontribusi yang diharapkan, semakin kerja sama pengembangan antarfungsi, semakin banyak yang dikeluarkan untuk mengumumkan dan meluncurkan produk, dan semakin besar dukungan manajemen puncak.

Jika materi/bahan ini berguna bagi anda silahkan copy, dan tolong anda klik iklan yang ada sebagai Donasi/sumbangan anda.

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Top WordPress Themes