Sabtu, 11 Desember 2010

TEKNIK-TEKNIK RISET PERIKLANAN

TEKNIK-TEKNIK RISET PERIKLANAN

Ada beberapa metode pengujian-awal iklan.

CETAKAN. Starch dan Gallup & Robinson, Inc merupakan dua perusahaan jasa pengujian-awal cetakan yang banyak digunakan, dimana iklan yang akan diuji ditempatkan di majalah. Majalah tersebut kemudian diedarkan ke konsumen. Konsumen-konsumen ini kemudian dihubungi dan diwawancarai mengenai majalah dan iklannya. Pengujian ingatan dan pengenalan digunakan untuk menentukan efektivitas iklan. Dalam hal Starch, dibuat tiga nilai untuk pembaca:

(a) Diperhatikan, yaitu persentase pembaca yang ingat melihat iklan tersebut di majalah.

(b) Dilihat/diasosiasikan, persentase pembaca yang dengan tepat mengidentifikasikan produk dan pengiklan dari iklan tersebut.

(c) Dibaca sebagian besar, persentase pembaca yang mengatakan mereka membaca lebih dari separuh tulisan pada iklan tersebut.

Starch juga memberikan norma-norma yang menunjukkan nilai rata-rata untuk kelas produk untuk tahun tersebut, dan membedakan antara pria dan wanita untuk majalah, untuk memungkinkan pengiklan membandingkan pengaruh iklan mereka dibandingkan iklan pesaing.

PELAYANAN PENYIARAAN, terdapat empat metode pengujian-awal penyiaran:

Pengujian di Rumah: Suatu proyektor kecil dibawa kerumah konsumen sasaran. Konsumen ini melihat iklan-iklan. Teknik ini memungkinkan perhatian penuh dari konsumen tapi situasi tontonan yang tidak dialami.

· Pengujian di Trailer: Agar lebih dekat dengan tempat pengambilan keputusan konsumen, pengujian-awal dilakukan ditrailer di pusat-pusat perbelanjaan. Pembelanja ditujukkan produk-produk yuang diuji dan diberi kesempatan memilih beberapa merek dalam situasi belanja simulasi. Mereka kemudian diberi kupon untuk digunakan dipusat pebelanjaan. Dengan mengevaluasi penebusan kupon, pengiklan dapat memperkirakan pengaruh iklan pada perilaku belanja.

· Pengujian di Teater: Konsumen diundang ke teater untuk melihat calon serial televisi baru serta beberapa iklan. Sebelum pertunjukkan dimulai, konsumen menunjukkan merek pilihan mereka untuk berebagai kategori. Perubahan preferensi digunakan untuk mengukur kekuatan persuasif iklan tersebut.

· Pengujian melalui Siaran: Pengujian ini dilakukan melalui saluran TV. Responden diambil untuk menonton program


Model Maximarketing Rapp dan Collin terdiri dari sembilan langkah yang dijelaskan berikut ini :

1. Maksimalkan sasaran telepon pada pemasar untuk mengundentifikasikan dan mengindentifikasi sasaran prospek pelanggan yang terbaik untuk penawaran itu. Pemasar dapat membeli daftar alamat yang tepat atau mencari pada minat tinggi, kemampuan untuk membayar , dan kesiapan untuk membeli . Tambah kriteria ‘’pelanggan terbaik ‘’ mencakup mereka yang membeli dalam frekuensi tertentu , tidak mengembalikan banyak pesanan , tidak mengeluh, dan membayar pada waktunya .Pemasar massal dapat ‘’memancing’’ calon pelanggan dengan iklan respons langsung dalam media massa seperti televisi. Lampiran dalam surat kabar, dan kartu selipan majalah.

2. Maksimalkan media menuntun pemasar langsung menguji variasi daya tarik media dan memilih media yang memungkinkan kemudahan komunikasi dua arah dan pengukuran hasil.

3. Maksimalkan pertanggungjawaban mensyaratkan evaluasi kampanye berdasarkan biaya per respons calon pelanggan dan bukan biaya per seribu tayangan seperti yang digunakan dalam iklan masal.

4 . Maksimalkan kesadaran mencakup pencarian pesan yang akan menembus keraguan dan menjangkau hati dan pikiran calon pelanggan melalui saran iklan “seluruh otak”, yang menarik sisi rasional dan emosional seseorang.

5. Maksimalkan tindakan menekankan bahwa iklan harus mendorong pembelian atau setidaknya menaikkan calon pelanggan ke tingkat kesiapan membeli yang lebih tinggi secara terukur. Cara mendorong tindakan meliputi pernyataan seperti “Kirimlah untuk mendapat informasi lebih lanjut” dan “Kupon jawaban harus dikembalikan sampai tanggal 30 September”.

6. Maksimalkan sinergi termasuk mencari cara agar iklan dapat melakukan tugas ganda, misalnya, mengkombinasikan pembentukan kesadaran dengan respon langsung, mengembangkan jalur distribusi lain, dan berbagai biaya dengan pengiklanan lain.

7. Maksimalkan hubungan menghendaki agar iklan dihubungkan dengan berkonsentrasi pada prospek yang lebih baik dan menghabiskan lebih banyak dari total anggaran untuk mengirim pesan kesadaran ke sebagian besar dunia.

8.Maksimalkan penjualan lewat pembentukan database menghendaki agar pemasar terus memasarkan langsung ke pelanggan yang sudah dikenal dengan penjualan silang, penataran, dan perkenalan produk baru. Pemasar terus mengembangkan database pelanggan dengan lebih banyak informasi pelanggan dan berakhir dengan media periklanan. Saat ini banyak pemasar yang tertarik dengan proses memperoleh pelanggan, dengan tujuan memaksimalkan nilai pelanggan seumur hidup.

9. Maksimalkan distirbusi melibatkan pemasar dalam membangun jalur tambahan untuk menjangkau calon dan pelanggan_misalnya, saat pemasar langsung membuka toko eceran atau memperoleh ruang etelase dalam toko pengecer yang telah ada, atau saat pengecer mengeluarkan katalog atau produsen seperti General Foods memutuskan untuk menjual kopi merek utama langsung ke pelanggan.


Jika materi/bahan ini berguna bagi anda silahkan copy, dan tolong anda klik iklan yang ada sebagai Donasi/sumbangan anda.

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Top WordPress Themes