Sabtu, 11 Desember 2010

WAL-MART MERAIH KEUNGGULAN LOGISTIK MELALUI INVESTASI TEKHNOLOGI INFORMASI

WAL-MART MERAIH KEUNGGULAN LOGISTIK MELALUI
INVESTASI TEKHNOLOGI INFORMASI

Salah satu kunci utama efiesiensi distribusi adalah informasi. Wal-Mart merupakan salah satu pengecer pertama yang melakukan investasi besar dalam tekhnologi informasi. Ia melengkapi toko-tokonya dengan peralatan scanning terkomputerisasi untuk cash register. Jadi jika seorang remaja membeli sepatu lari Reebok untuk memicu terjadinya penggantian atau produksi.

Sistem ini memungkinkan Wal-Mart untuk mengetahui apa yang dibeli pelanggan dan karena itu memberitahukan produsen apa yang arus produksi dan kemana harus mengirimkan barang. Walt-Mart mewajibkan pemasoknya untuk mengapalkan barang-barang yang sudah diberi label dan digantung, sehingga dapat langsung dipindahkan ke ruang jual toko, sehingga mengurangi biaya pergudangan dan pemrosesan data. Sebagai hasilnya, toko-toko Wal-Mart menggunakan hanya 10% ruang mereka untuk penyimpanan, dibandingkan 25% rata-rata ruang untuk bukan penjualan pada toko pesaing.

Hasil lainnya dari sistem terkomputerisasi Wal-Mart mendesak untuk menghubungkan komputernya langsung ke komputer produsen, mengabaikan pialang dan perantara lainnya, dan meneruskan penghematan tersebut pada pelanggan.

Jika materi/bahan ini berguna bagi anda silahkan copy, dan tolong anda klik iklan yang ada sebagai Donasi/sumbangan anda.

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Top WordPress Themes