Sabtu, 11 Desember 2010

MENGENAL MEDIA-MEDIA PROMOSI

MENGENAL MEDIA-MEDIA PROMOSI

Berbagai media telah dijajaki oleh para pemasar. Di Indonesia seiring dengan

Maraknya televisi swasta, media televisi telah menyedot dana terbesar untuk kegiatan promosi. Internet juga telah menjadi media promosi yang baru. Berikut disajikan berbagai bentuk media promosi yang banyak dilakukan oleh para pemasar di Indonesia:

Televisi

· Iklan konvensional, berupa tayangan dengan slot 30 atau 60 detik. Jenis ini merupakan paling banyak dipakai. Misalnya, Pepsodent, Indomie, Sari Ayu.

· Sponsorship (blocking time), membeli/menumpang sebuah program selama 30 menit. Contohnya Gebyar BCA, Telkomania, Layar BNI, Impresario 008.

· Kuis, berupa permainan dan hiburan. Contohnya, Indosat Galileo, Smile Up.

· Build in, produk dilibatkan dalam sebuah program/acara. Contohnya, Dunkin Donuts dalam sinetran Gara-gara.

Radio

· Iklan konvensional, berbentuk slot 30/60 detik dan ad lips. Contohnya Garuda Indonesia, Bank Niaga, Dahatsu Taruna.

· Kuis, berupa permainan dan hiburan. Contohnya Omo, Bodrex, Citibank.

· Interaktif, program/acara yang juga melibatkan pendengar radio. Contohnya Dialmart di KIS FM.

· Talkshow, program/acara yang hanya melibatkan sponsor suatu produk. Sol Elite marbelle Hotel di Sonora.

Media Cetak

· Iklan Display, iklan dalam bentuk logo dan informasi produk. Contohnya Indomilk, Kecap ABC, Kulkas Sanken.

· Advertorial, iklan dalam bentuk artikel. Contohnya, Aqua, Telkom, Pegadaian.

Media Lain

· Internet, tayangan banner, logo di website. Contohnya Telkomsel, Nokia, Intel.

· Billboard, papan reklame yang menggambarkan suatu produk. Contohnya Gudang Garam, Mitsubishi Kuda, Bank Danamon.

· Iklan di bus, display suatu produk di badan bus. Contohnya Bank BII, Minakdjinggo.Road

· Mengadakan acara/event, merupakan suatu bentuk kegiatan yang diadakan di pusat perbelanjaan atau hiburan yang menarik perhatian pengunjung. Contohnya Rejoice, Clear, Rinso.

· Pameran, suatu kegiatan untuk menunjukkan keunggulan produk. Contohnya Panasonic, Acer.

· Road Show, suatu kegiatan yang diadakan di beberapa tempat/kota berturut-turut. Contohnya Revlon, Suzuki.

· Direct Mailing, mengirimkan brosur/katalog produk langsung kepada konsumen. Contohnya Makro, Goro, Lipposhop.

· Sampling. Contoh produk yang diberikan kepada konsumen secara gratis. Contohnya Bee Jally, Citra.

· Instore promotion, kegiatan promosi yang diadakan di dalam outlet. Contohnya Sari Ayu yang mengadakan demo kecantikan.

· Gugus Wiraniaga, mengerahkan wiraniaga di gerai, maupun dilapangan. Contohnya Indocafe, Bentoel, StarMild, Asuransi Lippo.

· Merchandise, promosi dalam bentuk produk tertentu dimana terdapat logo produk yang dipromosikan. Contohnya Majalah Tempo, Sampoerna A-Mild, Indosiar.

· Spanduk, umbul-umbul, kain rentang yang berisi slogan atau logo produk tertentu. Sampoerna Millenium, Close Up, Krating Daeng.

· Lift, eskalator. Display suatu produk di pintu/dinding lift atau escalator. Contohnya Clear, Lux.


Jika materi/bahan ini berguna bagi anda silahkan copy, dan tolong anda klik iklan yang ada sebagai Donasi/sumbangan anda.

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Top WordPress Themes