Sabtu, 11 Desember 2010

MENGGUNAKAN GAYA UNTUK MEMBEDAKAN PRODUK

MENGGUNAKAN GAYA UNTUK MEMBEDAKAN PRODUK

GLOBAL : JAM TANGAN SWATCH


Industri jam swiss yang pernah menjadi produsen jam utama dunia, sempat goyah diserang pesaing yang merebut pasar jam murah. Mula-mula TIMEX, perusahaan Amerika Serikat ,memperkenalkan jam yang sederhana, andal dan murah. Kemudian pembuat jam Jepang memperkenalkan jam elektronik digitalnya. Lalu Hong Kong membanjiri pasar dunia dengan tiruan jam swiss dan Jepang. Swiss hanya dapat mempertahankan jam perhiasan kelas tinggi seperti Rolex, Piaget, Longines dll.

Kemudian tahun 1981 ETA, anak perusaan jam terbesar di swiss, memulai proyek Swatch yang sekarang terkenal. Nama tersebut merupakan kependekan dari Swiss Watch. Jam Swatch adalah jam elektronik analog yang ringan, tahan air, tahan guncangan dengan tali plastik berwana warni dan sportif. Harganya dari $100, dan ditujukan pada orang mudj yang aktif dan trendy.

Jam itu diproduksi pada satu lini perakitan dalam pabrik Swiss mutakhir. Dengan hanya 51 komponen, bentuknya ramping dan biayanya murah. Biaya manufaktur sudah turun hinggga $5 setiap jamnya.

Sekarang Swatch dijual di 30 negara. 50% penjualannya di AS. Jika awalnya Swatch dijual ditoko perhiasan dan busana di Amerika Serikat, sekarang Swatch juga dijual ditoko serba ada, namun tidak ditoko diskon. Swatch juga membuat toko Swatch dalam toko serba ada yang menjual produk lain (kaca mat hitam, tempat kaca mata) dengan desain Swatch dalam suasana serba Swatch. Salah satu kekuatan Swatch adalah kemampuan promosi dan pengelolaan produk:

1. Swatch mengeluarkan model baru setiap tahunnya yang selalu ditunggu orang. Banyak orang memiliki lebih dari satu jam Swatch, supaya bisa berganti warna setiap hari. Ada pengusaha yang memiliki 25 jam Swatch dan srtiap hari memilih baju, dasi sesuai jam Swatchnya.

2. Swatch juga mengeluarkan edisi khusus dua kali setahun. Kolektor jam Swatch dapat mengikuti lelang jam edisi khusus ini. Lebih dari 100.000 kolektor bersaing mendapatkan 40.000 edisi khusus ini, sehingga siapa yang beruntung harus diundi.

3. $60.000 untuk jam Swatch yang langka. Karena jam Swatch baru beredar 12 tahun terakhir, artinya jam Swatch telah dianggap “jam klasik masa kini”.

4. Di museum Lisbon dipamerkan jam Swatch langka di dalam kaca anti peluru.

5. Swatch punya toko sendiri. Di jalan Via Monte Napoleone di Milan, toko Swatch lebih ramai daripada toko lain. Orang antri di luar toko dan hanya orang yang nomor paspornya dipanggil yang boleh masuk dalam toko untuk membeli jam.

6. Banyak perusahaan ingin dibuatkan jam Swatch dengan logo mereka. Baru Coca Cola yang berhasil, karena Swatch menolak perusahaan lain.

Jelas Swatch telah menunjukan cara mendapatkan pengikut dengan memiliki gaya, pengelolaan produk dan promosi yang unggul.



Jika materi/bahan ini berguna bagi anda silahkan copy, dan tolong anda klik iklan yang ada sebagai Donasi/sumbangan anda.

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Top WordPress Themes