Sabtu, 11 Desember 2010

TAKTIK NEGOISASI KLASIK

TAKTIK NEGOISASI KLASIK


Di sini terdapat beberapa taktik negoisasi standar :

· Berlaku Gila: Berpura-pura menunjukkan komitmen emosional terhadap posisi Anda dengan jelas. Ini meningkatkan kredibilitas Anda dan mungkin menyebabkan pihak lawan menyetujui persyaratan Anda.

· Pot Besar: Berikan diri Anda ruang luas untuk negoisasi. Ajukan permintaan yang tinggi pada awalnya. Setelah membuat kesepakatan, Anda tetap memiliki hasil lebih besar daripada jika memulai terlalu rendah.

· Dapatkan Sekutu yang Bergengsi: Sekutu dapat berupa orang atau proyek yang bergengsi. Anda mengusahakan agar lawan menerima lebih sedikit karena orang /objek yang terlibat itu bergengsi.

· Seumurnya Kering: Ambil sikap dan katakan pada lawan bahwa Anda tidak memiliki sesuatu yang perlu disepakati lagi.

· Wewenang Terbatas: Anda bernegoisasi dengan niat baik pada lawan, dan jika Anda siap untuk menendatangani transaksi, Anda mengatakan, “Saya harus memberitahukan Boss dulu”.

· Whipshaw/Lelang: Anda membiarkan beberapa pesaing mengetahui bahwa Anda juga sedang bernegoisasi dengan mereka pada saat yang sama. Jadwalkan perjanjian dengan pesaing pada saat yang sama dan biarkan mereka menunggu bertemu Anda.

· Bagi dan Taklukkan : Jika Anda sedang bernegoisasi dengan tim lawan, ajukan usulan Anda pada salah seorang anggota tim tersebut. Orang tersebut akan membantu membujuk anggota tim lainnya.

· Tinggalkan untuk Sementara Waktu: Tinggalkan negoisasi tersebut untuk sementara waktu. Kembali ketika keadaan sudah lebih baik dan coba untuk bernegoisasi kembali. Jangka waktunya dapat panjang (katakan Anda sedang ke luar kota) atau pendek (ke kamar mandi untuk berpikir).

· Bakmi Basah: Berikan tanggapan yang tidak emosional atau verbal pada lawan. Jangan tanggapi tekannya. Duduk disana seperti bakmi basah dan “tanpa ekspresi”.

· Bersabar: Jika Anda dapat lebih sabar daripada lawan, Anda mungkin akan menang besar.

· Mari Atasi Perbedaan: Orang yang pertama mengusulkan ini mempunyai kemungkinan kerugian paling kecil.

· Balon Percobaan: Anda beritahukan dulu keputusan Anda pada seorang sumber yang dapat diandalkan sebelum keputusan betul-betul diambil. Ini memungkinkan Anda menguji reaksi atas keputusan Anda.

· Kejutan: Buat lawan kehilangan keseimbangan dengan perubahan taktik yang drastis, dramatis, dan tiba-tiba. Jangan pernah sampai dapat diramalkan_buat lawan tidak dapat mengantisipasi gerakan Anda.

Jika materi/bahan ini berguna bagi anda silahkan copy, dan tolong anda klik iklan yang ada sebagai Donasi/sumbangan anda.

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Top WordPress Themes