Sabtu, 05 Desember 2009

Macam-macam Bentuk Negosiasi

Macam-macam Bentuk Negosiasi
Negosiasi atau perundingan dapat dianggap salah satu metode yang paling
baik dalam menyelesaikan perselisihan diantara berbagai pihak. Negosiasi sangat
penting dilakukan, apabila diantara beberapa pihak:
1) Bertentangan kepentingan.
2) Solusi belum jelas.
3) Ada peluang untuk kompromi
Dalam bidang penjualan barang dan jasa, harga merupakan masalah yang
paling sering di negosiasikan, masalah lainnya meliputi, waktu penyelesaian
kontrak, mutu barang dan jasa yang ditawarkan, volume pembelian, tanggung
jawab pembiayaan, pengambilan risiko, promosi, dan hak serta keamanan produk.
Menurut Philip Kotler, negosiasi mempunyai karakteristik sebagai berikut:
a. Terdapat dua pihak yang terlibat;
b. Pihak tersebut mempunyai perbedaan kepentingan dalam satu masalah atau
lebih;
c. Pihak-pihak tersebut bergabung bersama untuk sementara waktu dalam suatu
hubungan khusus yang sifatnya sukarela;
d. Aktivitas tersebut menyangkut pembagian atau pertukaran satu sumber daya
atau lebih dan/atau resolusi mengenai satu masalah tidak berwujud antara
pihak tersebut atau yang mereka wakili;
e. Aktivitas tersebut meliputi presentasi permintaan atau usulan oleh pihak dan
evaluasi oleh pihak lainnya diikuti dengan kesepakatan dan usulan balasan
dan aktivitas tersebut berurutan;
Menurut Bill Scoot, negosiasi adalah bentuk pertemuan antara dua pihak
yaitu kita dan pihak lain, sasaran dari negosiasi tersebut adalah tercapainya suatu
persetujuan.
Macam-macam negosiasi misalnya: Negosiasi untuk mencapai persetujuan
antara pengusaha dengan bank dalam pengajuan jumlah kredit, pengusaha dengan
pemasok dalam hal pengajuan syarat penyerahan barang dan potongan harga,
pengusaha dengan pembeli dalam hal persetujuan harga dan pelayanan purna
jual.
Dalam bidang bisnis perdagangan antara lain berkaitan dengan:
a. Masalah keagenan;
b. Masalah wilayah penjualan;
c. Masalah lindung nilai (hedging);
d. Kerjasama dagang;
e. Kerjasama keuangan;
f. Kerjasama pengadaan dan pelatihan sumber daya manusia;
g. Kerjasama manajemen.
Negosiasi perlu memiliki kualitas dan keahlian tertentu agar dapat efektif, yaitu
keahlian mempersiapkan dan merencanakan, pengetahuan mengenai masalah
yang dinegosiasikan/dirundingkan, kemampuan untuk berpikir dengan jelas dan
cepat dalam tekanan dan ketidakpastian, integritas, kemampuan untuk membujuk
pihak lain serta kesabaran.


Jika materi/bahan ini berguna bagi anda silahkan copy, dan tolong anda klik iklan yang ada sebagai Donasi/sumbangan anda.

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Top WordPress Themes