Sabtu, 05 Desember 2009

Mengidentifikasi situasi konflik

Mengidentifikasi situasi konflik
Konfl ik di tempat kerja sering kali tidak bisa dihindari. Ada banyak hal yang bisa
menyulut tejadinya konfl ik. Untuk mengatasi atau menghindari konfl ik, kita perlu
terlebih dahulu melakukan identifi kasi terhadap faktor-faktor penyebabnya.
1. Perbedaan kepribadian.
Langkah pertama yang perlu dilakukan dalam mengatasi konfl ik adalah mengidentifi kasi orang-orang yang menyebabkan konfl ik tersebut menjadi kerja sama yang menguntungkan. Rekan sekerja yang senang memperhatikan detail, akan menghadapi kesulitan bila menghada pi rekan lainnya yang memiliki kepribadian berlawanan. Tipe “detail” ini cenderung mencari-cari kesalahan, dan memaksakan kehendaknya pada orang lain. Ia meras bahwa caranyalah yang terbaik untuk dilakukan. Orang-orang seperti ini menurut Caviola dan lavender termasuk dalam kategori kepribadian obsessive-compulsive.
2. Perbedaan cara pandang.
Seringkali konflik terjadi karena adanya perbedaan cara pandang.
Perbedaan tujuan dan kepentingan. Konfl ik juga dapat terjadi karena adanya perbedaan tujuan dan kepentingan, seperti perbedaan antara tujuan individu dalam tim dengan tujuan tim atau perusahaan itu sendiri. Seorang yang bertujuan memenuhi target jangka pendek dengan melakukan berbagai cara untuk mencapainya, misalnya, mengurangi biaya dengan mengurangi kualitas. Orang seperti ini akan mendapat masalah jika bekerja sama dengan rekannya yang mendahulukan pencapaian tujuan perusahaan.
3. Perbedaan pemahaman.
Konfl ik dapat terjadi karena miskomunikasi yang menimbulkan perbedaan pemahaman. Hal ini terjadi karena penjelasan yang didengar atau fakta yang dikumpulkan kurang lengkap atau kurang akurat.

Jika materi/bahan ini berguna bagi anda silahkan copy, dan tolong anda klik iklan yang ada sebagai Donasi/sumbangan anda.

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Top WordPress Themes