Beberapa Tipe Pembeli
Selanjutnya mengenai langganan atau para konsumen ada beberapa
golongan sebagai berikut:
a) The decided costumers
Mereka ini telah mengetahui dan memutuskan apa yang akan dibeli dan
penjual harus cepat melayani dan mengambilkan barangnya. Dalam
menjawab pertanyaan-pertanyaan dan memberi keterangan harus
merupakan keterangan yang bersifat khusus tidak usah memberikan
keterangan yang bersifat umum. Kalau langganan ini tidak terlalu tergesagesa,
maka kemungkinan penjual juga bisa menjual barang-barang yang
lain.
b) The know it all costumers
Ini adalah tipe pembeli yang mengetahui segalanya, dialah yang bercerita
kepada penjual. Walaupun apa yang diceritakannya itu tidak seluruhnya
benar, tetapi penjual tidak usah membantahnya. Penjual dapat memberi
keterangan-keterangan yang tepat secara bijaksana dengan menempuh
cara yang tidak langsung dan ini bisa memengaruhi sikap langganan
tersebut.
c) The delibrate costumers
Langganan ini menghendaki fakta-fakta yang kadang-kadang advis
tentang konstruksi dan cara-cara penggunaan barang yang akan dibelinya.
Langganan ini banyak mengambil waktu untuk mempertimbangkan setiap
pembeliannya.
d) The undecided costumers
Costumer ini tidak dapat memutuskan ukuran, warna dari barang yang akan
dibelinya. Tugas penjual di sini ialah mencoba menentukan apa sebenarnya
yang dibutuhkan langganan. Penjual harus berusaha mengarahkan attensi
langganan dan membantu si langganan mengambil keputusan. Setelah
penjual menunjukkan berbagai macam barang, harus pula dengan cepat
menyingkirkan barang-barang yang tidak menarik perhatian langganan.
e) The talkative costumers
Langganan ini senang ngobrol, tetapi tidak mengarah kepada pembelian.
Jika pada saat itu tidak banyak langganan yang lain maka penjual bisa
melayani obrolan itu dan mengarahkan sedikit ke arah pembelian. Jika
pembelian sudah terjadi, segera barang-barangnya dibungkus dan bersiap
menghadapi langganan lain.
f) The silint timid costumers
Langganan ini merasa canggung di dalam toko dan merasa takut kalau
kalau kekurangan pengetahuannya tentang suatu barang akan diketahui
jika ia bertanya-tanya. Salesman harus pandai melayani langganan ini,
jangan sekali-kali menunjukkan kesan bahwa langganan itu memang tidak
mengerti apa-apa tentang barang-barang yang dilihatnya.
g) The decided but mistaken costumers
Costumer ini mendatangi toko dengan suatu keputusan dalam pikirannnya
untuk membeli barang tertentu. Akan tetapi, menurut penjual pilihannya itu
tidak sesuai dengan maksud penjualannya. Dalam hali ini, salesman tidak
perlu berdebat dengan langganan tetapi cukup memberitahukan manfaat
dan kegunaan dari barang-barang itu.
Jika materi/bahan ini berguna bagi anda silahkan copy, dan tolong anda klik iklan yang ada sebagai Donasi/sumbangan anda.
0 komentar:
Posting Komentar