Minggu, 04 April 2010

Publisitas (Publicity)

Publisitas (Publicity)
Pulisitas (Publicity) adalah merupakan usaha untuk merangsang permintaan
dari suatu produk secara non personal yang bersifat komersial. Tentang produk
tersebut di media cetak dan media elektronik, maupun hasil wawancara yang
ditampilkan dalam media tersebut. Cara ini sangat baik untuk memperkenalkan
perusahaan atau produk yang dihasilkan, karena publisitas dapat mencapai pembeli
yang potensial yang tidak dapat dicapai dengan advertensi dan personal selling.
Dengan penyajian berita tersebut, perusahaan dan produknya dapat menjadi
perhatian umum.
Publisitas mempunyai sifat sebagai berikut.
a. Tingkat kebenaran/kepercayaan yang tinggi, pemberitaan publisitas
dianggap sebagai suatu yang benar dan dapat lebih dipercaya, tidak bersifat
memihak.
b. Tidak disadari adanya maksud promosi yang sebenarnya. Pesan yang
disampaikan kepada konsumen melalui publisitas adalah dalam bentuk berita
dan bukan sebagai pesan komunikasi untuk maksud penjualan.
c. Penggambaran produk. Seperti advertensi, maka publisitas juga mempunyai
kemampuan untuk menggambarkan produk perusahaan dalam bentuk cerita
yang jelas.
Keuntungan dari promosi secara umum adalah memengaruhi tingkat penjualan,
sehingga keuntungan yang diharapkan perusahaan dapat meningkat, sedangkan
keuntungan promosi secara khusus adalah merupakan alat informal dalam
memperkenalkan produk perusahaannya. Lebih jelasnya keuntungan promosi itu
adalah sebagai berikut.
1. dapat meningkatkan omzet penjualan produk,
2. membentuk product motives dan patronage motives,
3. meningkatkan barang-barang perusahaan menjadi terkenal,
4. meningkatkan keuntungan atau laba perusahaan.

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Top WordPress Themes