Minggu, 04 April 2010

Market Leader

Market Leader
Perusahaan seperti ini memegang bagian terbesar dalam pasar,
biasanya perusahaan-perusahaan lain mengikuti tindakan-tindakan
perusahaan dalam hal perubahan harga, pengenalan produk baru,
pencakupan saluran distribusi, dan intensitas promosi. Perusahaan ini
menjadi titik pusat orientasi para pesaing. Ia merupakan perusahaan
yang ditantang, ditiru, atau dijauhi. Kehidupan pemimpin pasar sungguh
tidaklah mudah, terkecuali bila perusahaan itu memang memiliki promosi
resmi. Perusahaan tersebut senantiasa mempertinggi kewaspadaannya
sebab para pesaingnya selalu mencari dan mencoba memanfaatkan
kelemahannya, meski sekecil apapun. Perusahaan yang dominan selalu
ingin tetap menjadi nomor satu, oleh sebab itu, perusahaan-perusahaan
seperti ini biasanya mengembangkan strategi:
1. Mengembangkan pasar keseluruhan, hal ini dapat dilakukan dengan
cara:
- Mencari konsumen baru dengan cara strategi penerobosan pasar,
strategi pasar baru, dan strategi perluasan geografi s.
- Mencari dan mengenalkan kegunaan baru suatu produk.
- Meyakinkan masyarakal konsumen agar menggunakan produk
lebih banyak pada setiap kesempatan.
2. Melindungi bagian-bagian pasar yang telah dikuasai. Sementara
mencoba memperkuat pasar. Perusahaan yang dominan tetap harus
melindungi usahanya secara terus menerus dari serangan saingansaingannya.
Untuk itu yang harus dikerjakan oleh perusahaan
pemimpin dalam mempertahankan daerah kekuasaannya adalah
inovasi (Pembaharuan ) yang terus menerus.
3. Meningkatkan bagian pasar. Selain mencari konsumen baru pada pasar
yang baru, perusahaan juga dapat meningkatkan jumlah konsumen
pada bagian pasar yang sudah dikuasai.

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Top WordPress Themes