Minggu, 04 April 2010

Sasaran Desain Toko

Sasaran Desain Toko
Desain toko atau showroom adalah bagian dari strategi marketing. Karena
itu kita harus mendefi nisikan lebih dulu konsumen sasaran, status sosial atau
ekonominya. Desain toko yang baik adalah desain yang menyesuaikan dengan
kondisi konsumen. Secara keseluruhan desain toko berfungsi mirip ”logo”
perusahaan. Ada ciri atau karakter tertentu. Contoh Time zone, Gramedia atau
Mc Donald. Karakter toko menjadi kata kunci yang harus dijabarkan seorang
desainer karena desain interior toko berfungsi sebagai gimmick yaitu sesuatu
yang special unik dan membuat toko tertentu menjadi lebih menonjol di banding
toko sejenis. Pada dasarnya Fungsi desain toko adalah:
a. Menciptakan citra toko
- Penampilan luar/Exterior – Fascale Store
- Pemilihan nama/logo, Store Image
- Pemilihan warna/karakter, Colour Image
b. Memberikan fl eksibilitas yang maksimal
Peralatan-peralatan toko yang dipergunakan hendaknya cukup fl eksibel
sehingga memungkinkan diadakan perubahan-perubahan di masa yang
akan datang.
c. Memudahkan pemeliharaan toko
Agar toko tetap bersih dan menarik, perlu dipikirkan cara pemeliharannya
dengan usaha yang minimal.
d. Mendukung pengamanan toko
Desain toko harus mendukung pengamanan toko dari pencurian
kemungkinan oleh pembeli maupun karyawan.
e. Memberikan kenyamanan berbelanja
Harus memberikan kemudahan bagi pembeli yang masuk dan keluar toko,
dapat mengundang orang untuk berani masuk ke dalam toko.

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Top WordPress Themes