Minggu, 04 April 2010

Stategi pemasaran

Stategi pemasaran
Strategi pemasaran adalah suatu rencana yang sudah ditentukan oleh
perusahaan dalam bidang pemasaran untuk mencapai suatu tujuan, beberapa
perusahaan mungkin mempunyai tujuan yang sama yaitu ingin mencari
keuntungan, akan tetapi strategi pemasaran yang akan dijalankan mungkin
berbeda-beda, didalam menerapkan strategi pemasarannya sesuai dengan
situasi dan kondisi pasar, penentuan pelaksanaan strategi pemasaran sebaiknya
didasarkan atas analisa faktor lingkungan dan internal perusahaan melalui
analisis keunggulan dan kelemahan perusahaan perusahaan serta ancaman
yang dihadapinya, mengenai lingkungan yang dianalisis adalah mengenai
keadaan pasar, konsumen, saingan teknologi, keadaan perekonomian,
peraturan pemerintah dan budaya bangsa, sedangkan faktor internal yang akan
dianalisis adalah masalah keuangan pemasaran pembelanjaan, organisasi
produksi dan sumber daya manusia.
Penentuan strategi pemasaran dapat dilaksanakan oleh manajemen
pemasaran dengan cara
a. mencari para konsumen yang potensial
b. memberikan kepuasan pada para pembeli
c. melaksanakan marketing mix
d. melaksanakan segmentasi pasar
Sebaiknya strategi pemasaran yang akan dijalankan perusahaan
mempertimbangkan faktor faktor yang dapat mempengaruhi, di antaranya
adalah:
1. strategi perusahaan yang diterapkan oleh para pesaing
2. tujuan perusahaan yang bersangkutan
3. posisi persaingan perusahaan
4. perilaku pembelian konsumen dalam pasaran yang ditargetkan
5. sifat dan watak lingkungan ekonomi masyarakat konsumen
6. daur hidup produk (product life cycle).
Setiap perusahaan pada umumnya mempunyai tujuan untuk mempertahankan
kelangsungan hidupnya dan perkembangannya serta ingin memperoleh suatu
keuntungan yan besar, karena iti tujuan dari strategi pemasaran yaitu:
a. meningkatkan keuntungan
b. meningkatkan kepuaasan konsumen
c. mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan
d. meningkatkan omzet penjualan
e. meningkatkan kondisi pemasaran yang jauh lebih baik
f. melaksanakan dan meningkatkan marketing mix dan segmentasi pasar

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Top WordPress Themes