Komunikasi Bisnis
Keahlian seorang penjual dalam berkomunikasi melupakan alat promosi untuk
memengaruhi minat calon pembeli dalam berbelanja, komunikasi adalah proses
untuk memperoleh pengertian yang sama, menurut Willam C.H. Imstreet dan
Wayne Murlyn Batty, dalam Business Communicatian: Principles and Method,
Komunikasi adalah suatu proses pertukaran komunikasi bisnis adalah komunikasi
yang dilakukan dalam dunia bisnis yang mencakup berbagai bentuk komunikasi
baik komunikasi verbal maupun komunikasi nonverbal. Kegiatan yang dilakukan
oleh komunikator bisnis/komunikasi pemasar adalah merupakan kegiatan yang
membantu dalam pengambilan keputusan di bidang pemasaran serta mengarahkan
pertukaran agar lebih memuaskan dengan cara menyadarkan semua pihak untuk
pihak yang lebih baik.
Efektivitas komunikasi bisnis, seperti halnya jenis komunikasi lainnya ditentukan
beberapa hal:
1 Persepsi. Komunikator harus dapat memprediksi apakah message yang
disampaikan dapat diterima komunikan.
2 Ketepatan. Komunikan atau audience memiliki kerangka piker. Agar komunikasi
yang dilakukan tepat sasaran, komunikator perlu mengeksperikan hal yang
ingin disampaikan sesuai dengan kerangka piker komunikan.
3 Kredibilitas. Dalam berkomunikasi komunikator perlu memiliki suatu keyakinan
bawah komunikan dapat dipercaya. Sebaliknya dia juga harus bisa mendapatkan
kepercayaan dari komunikan.
4 Pengendalian. Dalam komunikasi, komunikan memberikan reaksa/umpan balik/
feedback terhadap pesan yang disampaikan. Reaksi ini harus bisa diantisipasi
sekaligus dikendalikan oleh komunikator sehingga tidak melenceng dari target
komunikasi yang diharapkan.
5 Kecocokan. Komunikator yang baik selalu dapat menjaga hubungan
persahabatan yang menyenangkan dengan komunikan.
Jika materi/bahan ini berguna bagi anda silahkan copy, dan tolong anda klik iklan yang ada sebagai Donasi/sumbangan anda.
0 komentar:
Posting Komentar