Minggu, 04 April 2010

Market Intelegent

Market Intelegent
Market intelegent ini termasuk dalam rangka pengumpulan informasi
pemasaran. Perusahaan harus mempunyai data yang merupakan informasi
pemasaran yang sangat dibutuhkan oleh manajer pemasaran. Sistem informasi
pemasaran merupakan kegiatan orang-orang, peralatan dan prosedur untuk
mengumpulkan, menganalisa, mengevaluasi dan mendistribusikan informasi
secara tepat, akurat yang dibutuhkan oleh pembuat keputusan pemasaran.
Informasi pemasaran ini dapat diperoleh dari dalam perusahaan (internal)
maupun luar perusahaan (eksternal).
Informasi internal dapat diperoleh dari karyawan, dokumen, catatan,
penjualan pada periode tertentu. Sedangkan informasi dari luar dapat diperoleh
dari berbagai sumber agen, tenaga penjual, toko pengecer, konsumen dan lainlain.
Ada empat langkah yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas
dan kuantitas inteljen pemasaran.
a. Melatih dan mendorong staf penjualan untuk menemukan dan melaporkan
perkembangan baru di pasar. Para penjual ini merupakan mata dan telinga
dari perusahaan. Mereka dapat menampung segala bentuk informasi
berupa saran dan kritik terhadap produk yang ia pasarkan.
b. Perusahaan mengirim spesialis untuk mengumpulkan intelejen pemasaran
ke toko lain sebagai mystery shoppers (pembelanja siluman) yang
berperan seperti pembeli sesungguhnya membeli berbagai jenis barang.
Pembeli siluman ini dapat mengetahui harga barang dan cara bagaimana
pramuniaga memperlakukan pelanggannya.
c. Beberapa perusahaan membentuk suatu pusat pemasaran dan
mengumpulkan informasi dengan cara menyebarkan intelejen
pemasaran.
d. Bagi perusahaan-perusahaan yang mengadakan pengumpulan informasi
pemasaran melalui riset pemasaran. Riset pemasaran ini dapat dilakukan
sendiri dengan biaya besar dan juga dapat dilakukan secara sederhana
dengan biaya ringan.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Top WordPress Themes