Minggu, 04 April 2010

Perilaku Pelanggan

Perilaku Pelanggan
Orang mengenal tiga cara pendekatan pokok terhadap pengembangan
teori psikologi tentang perilaku pembeli/pelanggan, yaitu cara pendekatan
eksperimental, klinikal, dan gestalt.
a. Eksperimental
Psikologi eksperimental telah memusatkan perhatian pada eksistensi
fi siologikal atau kebutuhan-kebutuhan tubuh sebagai kekuatan-kekuatan
motivasional eksperimen-eksperimen dilakukan terhadap manusia dan
hewan.
b. Klinikal
Pada psikologi klinikal, rangsangan-rangsangan dimulai dari analisis
dasar karena sewaktu-waktu mereka dimodifi kasi oleh kekuatan-kekuatan
sosial.
c. Gestalt
Psikologi gestalt yang sering pula dinamakan psikologi sosial, menganggap
individu dan lingkungannya sebagai suatu keseluruhan yang tidak dapat
dibagi. Dan perilaku individual ditujukan ke arah berbagai macam tujuan.
Masing-masing ”approach” membantu pemahaman kita tentang perilaku
manusia, tetapi hingga kini belum ada teori psikologikal tunggal tentang
motivasi konsumen yang cukup memuaskan dalam hal menerangkan
perilaku pembeli.

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Top WordPress Themes