Minggu, 04 April 2010

Promosi

Promosi
Promosi adalah merupakan kegiatan dalam bidang pemasaran barang dan
jasa dengan tujuan untuk mengingatkan dan meningkatkan omzet penjualan
barang. Dengan perkataan lain, promosi itu adalah salah satu cara untuk
memperkenalkan barang atau gagasan yang dibiayai oleh sponsor dalam
rangka menarik calon konsumen agar mereka mau melakukan pembelian.
Sedangkan timbulnya promosi adalah sebagai akibat adanya buyer’s
market, artinya barang-barang produksi perusahaan mencari para pembeli.
Sehingga dengan adanya promosi berarti perusahaan berusaha mengerahkan
untuk menarik para konsumen agar mau melakukan pembelian terhadap
barang-barang.
Perusahaan modern mengelola suatu system komunikasi pemasaran yang
kompleks. Perusahaan berkomunikasi dengan perantaranya, pelanggan, dan
publik. Konsumen berhubungan dalam komunikasi mulut ke mulut dengan
konsumen lain dan publik. Sementara itu, setiap kelompok memberikan timbal
balik komunikasi kepada kelompok lainnya.
Bauran-bauran promosi terdiri dari lima kiat utama:
• Periklanan: semua bentuk presentase nonpersonal dan promosi ide, barang
atau jasa oleh sponsor yang ditunjuk dengan mendapat bayaran
• Pemasaran langsung: Penggunaan surat, telepon dan alat penghubung,
nonpersonal lainnya untuk berkomunikasi dengan atau mendapatkan
respon dari pelanggan dan calon pelanggan tertentu.
• Promosi penjualan: Insentif jangka pendek untuk mendorong keinginan
mencoba atau pembelian produk atau jasa.
• Hubungan masyarakat dan publisitas: Berbagai program yang dirancang
untuk mempromosikan dan atau melindungi citra perusahaan atau produk
individualnya.
• Penjualan personal: Interaksi langsung antara satu atau lebih calon pembeli
dengan tujuan melakukan penjualan.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Top WordPress Themes