Minggu, 04 April 2010

Cara Menjual yang Efektif dan Efisien

Cara Menjual yang Efektif dan Efisien
Herbert N. Casson, pernah berkata: ”Janganlah penjualan barang-barangmu
ditujukan hanya kepada orang yang membutuhkan saja. Juga janganlah hanya
ditujukan kepada orang yang tak mungkin membeli, tetapi tujukanlah penjualan
barang-barangmu itu kepada tiap-tiap orang yang mungkin membeli”.
Dari penjelasan di atas dapat ditarik kesimpulan, bahwa penjualan barangbarang
harus ditujukan kepada setiap orang yang mungkin mau membeli.
Jadi janganlah ditujukan atau ditawarkan kepada orang-orang yang tidak mau
membeli, hanyalah sia-sia saja.
Pada umumnya orang mau membeli barang-barang itu yang praktis,
singkat, sesuai dengan kebutuhannya, serta mencapai kepuasan. Cara membeli
ini adalah sangat efektif dan efi sien. Cara membeli yang efektif dan efi sien
adalah sebagai berikut.
1. melihat contoh barang
2. mendengar dari kawan-kawan atau iklan
3. tertarik terhadap barang sesuai dengan keinginan
4. mengambil keputusan untuk membeli sesuai dengan kebutuhannya
5. merasa puas dengan apa yang dibelinya
Di dalam cara membeli yang efektif dan efi sien itu, setiap pembeli sebaiknya
berlangsung di dalam keadaan saling pengertian antara pembeli dan penjual,
serta sikap saling memberi tanggapan. Cara membeli yang efektif dan efi sien,
seorang pembeli harus menyesuaikan diri dan selalu bersahabat dengan
seorang penjual.
Agar lebih jelas cara membeli barang yang efektif dan efi sien itu adalah
yang berdayaguna dan berhasil guna dan hasilnya adalah rasa kepuasan.
Adapun proses atau prinsip membeli yang efektif dan efi sien itu, di
antaranya:
1. memilih barang yang disenangi dan dibutuhkan,
2. berbicara dan menanyakan kepada penjual tentang barang yang
dibutuhkan,
3. menyesuaikan situasi dengan keuangan yang ada,
4. menghargai kepada penjual yang sedang menjelaskan akan manfaat
barang,
5. menanggapi setiap reaksi, saran, usul dari penjual,
6. terjadi transaksi dengan rasa puas memiliki barang.
Cara membeli yang efektif dan efi sien yang baik adalah yang dapat merubah tingkah
laku konsumen.
1. adanya kesadaran pembeli akan adanya manfaat barang
2. adanya minat untuk membeli barang yang diinginkan
3. adanya evaluasi pembeli terhadap barang yang akan dibelinya
4. adanya percobaan pembeli terhadap barang yang akan dibeli
5. adanya keputusan untuk membeli barang
6. adanya konfi rmasi tentang barang yang sudah dibeli

Jika materi/bahan ini berguna bagi anda silahkan copy, dan tolong anda klik iklan yang ada sebagai Donasi/sumbangan anda.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Top WordPress Themes