Minggu, 04 April 2010

Keuntungan dan Kerugian Promosi

Keuntungan dan Kerugian Promosi
Kegiatan promosi yang sejalan dengan rencana pemasaran serta dapat
dikendalikan dengan baik, sudah jelas dapat meningkatkan penjualan produk.
dari penjelasan uraian tersebut di atas dapat diambil suatu kesimpulan bahwa
pengertian promosi itu adalah membujuk dan mengarahkan konsumen, agar
dapat mewujudkan dan menciptakan pertukaran dalam pemasaran dengan
perkataan lainnya promosi adalah memperkenalkan produk meyakinkan serta
mengingatkan kembali manfaat produk kepada para pembeli agar mereka mau
membeli produk.
Agar bauran promosi (promotional mix) mencapai tujuan secara optimal,
maka perlu dipertimbangkan beberapa faktor, antara lain:
a. Besarnya jumlah biaya yang disediakan untuk kegiatan promosi
b. Luasnya pasar dan konsentrasi pasar yang ada.
c. Jenis dan sifat produk yang dipasarkan
d. Siklus usaha atau daur hidup produk (product life cycle)
Dari penjelasan masalah promosi di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa
tujuan dari promosi itu adalah:
a. Merubah tingkah laku dan pendapat konsumen,
b. Memberitahu pasar yang dituju tentang penawaran produk,
c. Membujuk masyarakat konsumen, agar menyenangi, dan mendorong
pembelian,
d. Mengingatkan masyarakat konsumen akan manfaat produk,
e. Mempertahankan merek produk perusahaan.
Sedangkan keuntungan dari promosi secara umum adalah memengaruhi
tingkat penjualan, sehingga keuntungan yang diharapkan perusahaan dapat
meningkat Keuntungan promosi secara khusus adalah merupakan alat
informasi dalam memperkenalkan produk perusahaan.

Jika materi/bahan ini berguna bagi anda silahkan copy, dan tolong anda klik iklan yang ada sebagai Donasi/sumbangan anda.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

thanks ya infonya !!!

www.bisnistiket.co.id

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Top WordPress Themes